Cara Hidup Sehat Ala IT | Menjaga Daya Tahan Tubuh Kita

Berbagi :

Cara Hidup Sehat Ala IT

Hai gan, Nah disini saya akan memberi tips bagi anda yang bekerja didepan komputer. khususnya untuk para IT, yang sering atau bukan sering lagi tiap hari depan komputer. maka mata kita dan tubuh kita pasti akan lemes atau lemah daya tahan tubuh kita, soalnya gan pernah saya alami dikantor saya, hampir satu ruangan IT dikantor saya bentar sakit, terus bergantian karna daya tahan tubuh kita lemah, karna kurang gerak atau olahraga tentunya.


Cara Hidup Sehat Ala IT | Menjaga Daya Tahan Tubuh Kita

Tips sehat didepan komputer.

1. Kurangi pencahayaan layar monitor 

Cahaya yang memancar dari monitor yang terlalu terang dapat menyebabkan mata cepat lelah. Atur kecerahan monitor agar tidak terlalu menyiksa mata anda.

2. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar berfungsi untuk mengurangi radiasi yang memancar dari monitor komputer.

3. Menggunakan Mouse Eksternal

Bagi anda yang suka menggunakan laptop selama berjam-jam, sebaiknya taruh laptop anda di atas meja. Gunakan kipas pendingin dan mouse. Hal ini akan membuat jari tangan lebih leluasa bergerak dan nyaman, juga mencegah kram.

4. Benahi Posisi Duduk anda

Upayakan posisi punggung tetap tegak, jangan membungkuk. Jaga posisi bahu agar nyaman. Istirahatlah sesekali, ketika anda sedang mengetik tulisan panjang.
5. Lakukan Olahraga Ringan

Terlalu lama mengetik dapat menyebabkan kram pada jari tangan, kaki, dan leher. Gerakkan leher anda memutar beberapa kali. Reggangkan jari kaki dan tangan. Untuk jari tangan, anda bisa mengibaskannya beberapa kali. 

6. Jaga Jarak Pandang

Jangan terlalu dekat dengan layar monitor. Usahakan memperoleh jarak pada kisaran 45 cm, antara mata dengan layar komputer. 

7. Istirahatkan mata anda sejenak

Frekuensi normal berkedip adalah 18 kali tiap menit. Ketika di depan komputer, anda terlalu memfokuskan pandangan sehingga jarang berkedip. Ambil waktu istirahat setiap 2 jam. Anda juga bisa mengalihkan pandangan ke luar ruangan. Untuk mengatasi mata perih dan kering, anda perlu mengedipkan mata lebih sering daripada biasanya. Ini juga mencegah resiko penyakit mata.

Tips agar daya tahan tubuh kuat :


1. Jika anda terlalu sering bekerja didepan komputer anda harus perhatikan posisi duduk agar, seperti yang sudah saya jelaskan di point yang atas.

2. Minum air putih : Banyaklah minum air ketika sedang kerja, apa lagi terlalu sering depan komputer tubuh kita sering kali lemas, pusing, mual, karna kurang minum. sama saya juga karna terlalu lama, kerjaan blum selesai jadi lupa minum, itu yang harus kita hindari, luangkan waktu untuk minum.

3. Gerak : Gerak itu penting jadi ketika otot-otot kita sudah kencang kita perlu bergerak sejenak, tinggalkan pekerjaan sejenak, jalan-jalan keluar, cari angin udara segar, karna udara ruangan tidak sehat, apa lagi ruangan ber- AC.

4. Tidur : Nah gan tidur sangat penting, luangkan waktu untuk tidur 5-atau sampe 15 menit minimal sewaktu jam kerja, atau lebih baik sewaktu istirahat.

5. Vitamin : vitamin selain kita persu makan kita juga perlu masukan lain yaitu vitamin agar daya tahan tubuh kita tidak lemah, vitamin itu penting gan.

6. Olah raga : Ini yang terkahir olah raga, kadang kita malas soal yang satu ini, tetapi factor yang utama terjadinya penyakit adalah kurang olah raga atau kurang aktifitas berat. untuk para pekerja yang bekerja di depan komputer olahraga itu penting, luakngkan lah waktu untuk olah raga, setidaknya seminggu sekali, atau setiap pagi itu lebih baik.


Demikian gan tips yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Aminnn

Jangan lupa share dan like ya gan Thank's.....




Tag : 
cara hidup sehat, cara hidup sehat ala IT, gaya hidup, tips hidup sehat, tips sehat didepan komputer, Tips agar daya tahan tubuh kuat, menjaga daya tahan tubuh kita,  health, cara menjaga daya tahan tubuh, tips menjaga daya tahan tubuh, menjaga mata kita terhadap komputer

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama